Kamis, 18 Februari 2010

Apa itu kolom dalam Koran / Surat kabar

Memang banyak yang tidak mengerti apa itu kolom / columb / colom dalam koran / surat kabar biasanya dalam satuan (mmk = milimeter kolom), Satuan yg berlaku didunia pers indonesia diluar negri beda. Tentu saja ini istilah untuk memudahkan. karena satu columb itu berbeda artinya u standart international(SI), columb berbeda dgn kolum iklan koran, columb adalah banyaknya muatan pada capasitor berdasarkan luas, jarak dan sat dielektrikum capasitor menjadikan satuan Farad krn terlalu besar maka ditulis dgn micro farad atau piko farad Menurut ketentuan SI setiap harga memiliki satuan dasar.

Misal panjang = meter,hambatan = ohm,berat = gram,capasitas… Kilo,Mega ,Gega,Tera adalah satuan diatas satuan dasar.Sedangkan desi,centi,mili,micro,nano,piko,femto dll adalah dibawah satuan dasar .

Kelipatan positip diatas satuan dasar ditulis dgn huruf besar misal satuan dasar panjang/jarak:Kilometer=Km,Mega ohm=M ohm.sedangkan kelipatan negatif ditulis dgn huruf kecil misal dm=desi meter,cm=centimeter,mm=milimeter.um=micr… meter,pm=pikometer.
Jadi huruf besar dan kecil mengandung arti khusus dan tidak boleh ditulis MMK seperti pertanyaan anda. Maaf berhubung terbatasnya notasi penulisan maka saya tdk menemukan lambang ohm,mikro. Pangkat,dll dlm tombol ketik saya jadi tdk dpt menampilkan yg sebenarnya. Kita sering membuat istilah sendiri diluar ketentuan dan menjadi salah kaprah. bla..bla..bla.. makin gak jelas aja ^^

Saya akan menjelaskan dengan gambar agar bisa dimengerti dengan cepat.
langsung saja saya jelaskan, saya ambil contoh gambar koran Kompas Reguler. kenapa saya ambil contoh kompas? itu karena kompas mempunyai oplah yang tinggi di daerah ibukota dan sekitarnya. lihat gambar dibawah ini :


(klik gambar untuk perbesar)

Jadi dalam Kompas Reguler 1 halamanya mempunyai 7 kolom
Kolom tersebut mempunyai ukuran tersendiri lihat disini











Contoh dalam Kompas klasika Nusantara
(biasanya digunakan untuk lowongan, Dukacita, ucapan selamat dll)



(klik gambar untuk perbesar)

Jadi dalam Kompas Klasika 1 halamanya mempunyai 9 Kolom, Ingin tahu Ukuran dalam kolom klik disini

2 komentar:

Djungjunan mengatakan...

kalo ada iklan dikoran yang jual rumah ada singkatan "UM" artinya apa ya?

J CPT: Jual cepat kan?

Rusty Adhie mengatakan...

iy klo UM = DP (down payment)
J CPT = jual cepat

Poskan Komentar

About Me

Foto Saya
Hp. 0856-9292-7819 Esia. 021 947-67487 Saat ini saya bekerja di Advertising. Melayani Iklan Koran, Majalah, dll.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More